Selasa, 12 Februari 2008

Berdiri Tegak (Norief Warisman)

Apa yang akan anda lakukan bila anda tergulai lemah tak berdaya?

Apa yang akan anda lakukan bila anda sedang senang?

Apa yang akan anda lakukan jika anda sedang mengalami kegelisahan?

Jawaban atas semua pertanyaan di atas dapat dijawab dengan cerminan anda sendiri. maksudnya dari ketiga pertanyaan tersebut, hanya anda yang bisa menjawabnya, bukan orang lain. meskipun anda ialah seorang manusia yang biasa digembar-gemborkan sebagai makhluk sosial yang tidak akan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. tetapi ada saat di mana sebagai seorang manusia melepaskan jabatannya sebagai makhluk sosial. dia harus berdiri tegak, melihat lurus ke depan. bisakah hal itu dilakukan.

ketika seseorang berada diambang kematian, apa yang dia pikirkan. masa depan, perempuan, harta, surga, neraka, atau Tuhan-Nya? belum ada kesejajaran pendapat mengenai hal tersebut. tetapi jika hal ini dikaji berdasarkan ciri psikologi manusia maka tentu dia akan meratapi kejadian semasa hidupnya. kejadian apakah itu? semua kejadian yang dimaksud ialah, kejadian di mana saat dia menjadi seorang manusia yang seutuhnya dan saat dia mencoba menjadi setannya manusia. tetapi setelah telinga ini mendengar dari berbagai mulut yang ada di dunia, sepertinya orang yang berada diambang kematian akan berusaha berkata menyesal. benarkah itu?

keindahan dan keburukan akan tampil dari kepribadian yang memilikinya (manusia). dilihat dari segi estetika, manusia sesungguhnya berupa karya seni yang maha-maha-maha-maha agung. mengapa? mana ada manusia di dunia ini yang sama, paling juga mirip. ingat lho ya mirip dan sama itu beda. estetika sebagai seorang manusia tersebut akan muncul jika manusia sebagai pemiliknya dapat mengatur mana dulu yang harus ditampakkan dan mana yang ditampakkan belakangan.

sebagai akhir tulisan ini (bisakah ini disebut tulisan? ya gak mungkinlah), hitam ya hitam, putih ya putih, jika manusia berada dalam cakupan hitam usahakan munculkan putih. hitam warna suram, sedang putih warna cerah. tahu kan maksudnya??

jika punya pendapat lain, layangkan saja pendapatmu di yeye_kuruz@yahoo.com

Tidak ada komentar: